Sup Buah Yogurt, Nan Lezat dan Nikmat

Umum Uncategorized

Sup buah yogurt atau sup buah adalah makanan penutup es buah Indonesia. Sup buah yogurt ini terbuat dari buah-buah yang dicampur dengan es batu dan yogurt. Dessert ini begitu populer di Indonesia. Apalagi saat Ramadhan orang membuat atau membeli makanan penutup ini untuk berbuka puasa.

Sebenarnya yang sangat populer di Indonesia tidak menggunakan yogurt dan yakult, mereka hanya menggunakan susu kental manis dan air. Masyarakat menggunakan yogurt dan yakult karena masyarakat suka makanan penutup ini memiliki rasa asam manis yang menyegarkan.

Kalau bingung kenapa makanan penutup ini disebut sup, bingung juga! Itu tidak dimasak dengan panas seperti sup lainnya. Kalau mau cari tahu alasannya, hal itu karena komposisi makanan penutup ini mengingatkan kita pada soto ayam klasik dan disajikan dalam mangkuk.

Jenis buah yang orang gunakan dalam makanan penutup ini bermacam-macam. Dapat menambahkan buah apa saja yang tersedia dan sebanyak yang kalian sukai. Dalam hidangan penutup ini, resep ini menggunakan mangga, stroberi, nanas, melon, buah naga, dan blueberry. Potong buah menjadi potongan seukuran gigitan kecuali blueberry.

Untuk sup, saya mencampurkan yogurt tawar, susu kental manis dan yakult ke dalam mangkuk lalu dinginkan selama 3 jam. Seandainya tidak tahu yakult, yakult adalah minuman susu probiotik manis.

 

Cara Membuat Sup Buah Yogurt:

  1. Campur yogurt, susu kental manis, dan yakult dalam mangkuk. Dinginkan selama 3 jam.
  2. Campur biji basil dan 3 sdm air, sisihkan hingga biji bermekaran. Setelah 3 jam, potong buah menjadi potongan seukuran gigitan.
  3. Tempatkan buah seukuran gigitan dan biji selasih ke dalam mangkuk yang lebih besar. Kemudian tambahkan sup dan es batu yang sudah hancur tadi. Sajikan dalam dua mangkuk kecil.
  4. Nikmati!

 

Apakah Yakult Baik pada Sup Buah Yogurt ?

Ya, itu bagus untuk kesehatan. Itu memang mengandung jumlah gula yang tinggi dan perasa dan pemanis buatan, tetapi manfaatnya lebih besar daripada kehadiran aditif ini. Selain organisme probiotik, bahan dalam Yakult adalah air, susu bubuk skim dan gula pasir. Yakult tersedia dalam 2 jenis:

  • Pada Yakult Reguler : mengandung 11 gram gula dan 50 kalori per botol.
  • Yakult Light : mengandung 4 gram gula dan 30 kalori per botol.

Yakult biasa memiliki ukuran porsi 65 ml yaitu kuantitas per botol dan kadar gula 18 gram per 100 gram. Menurut Badan Standar Makanan Inggris, konsentrasi 15 gram per 100 gram diberi label TINGGI, oleh karena itu konsentrasi gula Yakult sangat tinggi. Sebagai perbandingan, pertimbangkan jus jeruk atau Coca-Cola yang mengandung sekitar 10 g per 100 g gula, namun ukuran penyajiannya adalah 250 hingga 300ml. Meski kandungan gulanya lebih tinggi di Yakult, penyajiannya cukup sedikit.

Untuk menjawab pertanyaan dengan lebih baik: apakah Yakult baik? Mari kita lihat lebih banyak fakta nutrisi:

Rasa

Yakult tersedia dalam berbagai macam rasa. Perasa yang digunakan alami atau identik dengan alam. Mereka ditambahkan untuk memastikan ada rasa yang konsisten selama proses fermentasi. Rasa yang identik dengan alam dibuat dengan bahan sintetis untuk meniru rasa alami

Pemanis

Penggunaan sukrosa untuk mempermanis Yakult biasa, dan Reb A ekstrak daun Stevia, menggunakannya untuk mempermanis Yakult Light. Ada banyak perdebatan tentang penggunaan pemanis buatan, karena banyak meyakini terkait dengan kanker, menurut beberapa orang. Namun, beberapa orang menganggapnya aman.

 

Sup Buah Yogurt Menyarankan Penggunaan Yakult

Agar Yakult harus meminumnya setiap hari, hingga 1-2 botol per hari untuk orang dewasa, selama atau setelah makan. Anak-anak hanya boleh minum 1 botol per hari, dan sama untuk bayi di atas usia 8 bulan dan balita. Untuk bayi, harus secara bertahap memasukkannya ke dalam makanan dan meningkatkannya menjadi 1 botol.

  • Tidak memasukkan yakult untuk memuaskan dahaga, itu hanya minuman probiotik.
  • Ini bukan pengganti yogurt dan susu, tetapi harus mengkonsumsinya sebagai tambahan produk ini. Karena mengesmasnya dalam botol kecil, dapat meminumnya dengan nyaman dan menjadikannya bagian dari diet harian yang seimbang.
  • Botol kecil untuk satu dosis lengkap dan karenanya lebih higienis. Botol besar, apabila tidak habis, dapat menampung bakteri jahat dan menyebabkan infeksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *