Es Campur Jelly Serut, Resep Segar dan Lezat Tentunya

Umum

Apabila harus memilih satu sebagai makanan penutup, maka saya memilih es campur. Makanan penutup sederhana ini ada di mana-mana, dari pedagang kaki lima hingga restoran kecil. Dari restoran mewah atau bahkan hotel bintang lima. Pada dasarnya membayar untuk hal yang sama tidak peduli dari mana. Untuk mendapatkan es campur, dengan perbedaan tempat bukan masalahnya. Tetapi akan memiliki sedikit jaminan kebersihan daripada yang dijual di restoran. Tetapi kedamaian pikiran hanya diperoleh dari apa yang membuat kenyamanan rumah sendiri. Tentunya tahu persis apa yang didapatkan karena sudah mempersiapkan, bukan?

Buah dan Bahannya Es Campur Jelly Serut

Buka kaleng dan kemasan, potong kecil-kecil dan campur semuanya. Itu tidak sulit, bukan? Baiklah, mari berbagi lebih banyak wawasan tentang langkah-langkahnya.

  1. Jus kelapa beku

Jus kelapa beku sangat cocok untuk membuat hidangan penutup menyegarkan. Tidak memerlukan es batu yang akan menipu makanan penutup. Buka bungkusnya dan masukkan ke dalam panci besar. Saat es sudah agak mencair, keluarkan daging kelapa dan potong menjadi ukuran satu gigitan.

  1. Cincau/Jelly

Potong cincau/Jelly menjadi balok-balok kecil dan masukkan semuanya ke dalam wajan. Jellynya cukup licin, tapi sangat mengkilap dan lurus. Perasaan saat pisau memotong sangat memuaskan. Cincau kalengan ini hampir tidak ada rasa. Rasanya seperti teh ringan. Itu terbuat dari tanaman mesona Cina (Platostoma palustre), yang merupakan keluarga mint.

  1. Nangka

Tuang sirup kaleng nangka ke dalam mangkuk. Ini akan memberi ‘sup’ rasa manis. Potong nangka kecil-kecil. Buang semuanya ke dalam wajan.

  1. Kolang-Kaling

Sirup dari kaleng ini terlalu kental. Saya tidak mau di dalam sup, jadi saya cuci bijinya. Taruh di wajan.

Campur semuanya dan makanan penutup sudah siap. Saya juga menambahkan sirup mawar, tapi saya tidak punya itu. Saya suka tekstur jelly yang lembut. Biji aren agak kenyal. Kelapanya agak renyah dan terkadang nangka juga kenyal. Saya menyukai semua variasi tekstur, tetapi apabila tidak menyukai tekstur jelly atau kenyal seperti mochi, maka makanan penutup ini bukan untuk.

  1. Buah Durian (Pilihan)

Durian adalah sesuatu yang saya pelajari untuk disukai. Durian memiliki bau yang sangat kuat dan menyengat dan saya masih harus membiasakannya. Tujuan saya adalah mencobanya 10 kali dan melihat apakah saya akan menyukainya. Saya sudah mencobanya 2 dari 10 kali.

  1. Buah Alpukat

Alpukat dalam makanan penutup juga sangat menarik. Ini memberi makanan penutup tekstur yang lembut dan tidak terlalu merasakannya.

Apabila bahan-bahannya sulit ditemukan di tempat tinggal, silakan menggantinya dengan buah-buahan kalengan, atau buah-buahan segar lainnya.

 

Cara Membuat Es Campur

1. Siapkan Santan

Siapkan santan dengan cara direbus dahulu dengan api yang kecil. Sambil tetap diaduk perlahan supaya santan tidak pecah. Aduk hingga mendidih lalu matikan api kompor dan angkat santan.

2. Taruh semua bahan ke dalam gelas

Masukkan satu persatu bahan campuran dalam mangkuk atau gelas saji. Pastikan semua bahan masuk dan atur supaya rapi dan menarik. Tambahkan sirup terlebih dahulu dan kemudian santan untuk kuahnya. Terakhir masukkan es serut atau es kristal di bagian paling atas lalu tuang topping dengan susu kental manis di atasnya.

3. Es campur spesial sudah siap disajikan.

Es campur ini lebih enak ketika baru saja apabila membuat dalam keadaan dingin. Apalagi diminumnya bersama keluarga atau teman-teman. Coba juga aneka kreasi es campur jelly serut dari berbagai daerah serta varian inovasi es campur yang kian kekinian. Kemudian juga bisa mencoba membuat kreasi sendiri dengan buah favorit.

Pastinya masih banyak varian di berbagai daerah. Karena itu tidak dapat pastikan dari mana asal dari minuman tradisional yang segar ini. Yang pasti dari manapun asalnya, es campur telah menjadi kekayaan kuliner Indonesia yang dunia sudah mengakuinya. Pertama-tama hal yang perlu lakukan saat membuat es campur adalah dengan mengumpulkan segala bahan yang dibutuhkan diikuti dengan memotong semua buah-buah dengan bentuk dadu dan bulat dengan menggunakan pisau dan alat pencetak bulatan buah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *